Study with Me if not now when?

Rabu, 15 Mei 2013

[MotorPlus] Honda New MegaPro - Mesin, Sasis dan Bodi Baru



Release Date : Rabu, 11 Agustus 2010
Media : MotorPlus, at page 17
Author/Journalist : Aong, Eka

PT Astra Honda Motor tidak kuno lagi. Kalau dulu meluncurkan varian baru dengan mesin dan sasis lama, sekarang lebih radikal. Me-launching Honda New MegaPro yang mengalami perubahan total. Desain baru, mesin baru dan rangka baru. Serta fitur-fitur baru. Hidup baru!

Katanya New MegaPro mengusung desain bodi baru berkonsep street ighter yang berotot, padat (masive), aerodinamis dan modern. "Seperti tren desain motor sport dunia," jelas Makoto Suzuki dari Honda R & D Asaka, Jepang.

Seperti desain lampu yang dilengkapi cowl, clear lens, multireflectordan visor yang menyatu. Juga pada panel meter mengkombinasikan sistem analog takometer dan digital spidometer yang dilengkapi jam.
Tangki bensin bergaya hi-mount tank yang bentuk garisnya menyatu dengan advanceshroud.Yang seperti tren motor baru dunia. Pada tempat duduk atau desain belakang mengecil, sehingga motor seperti bulldog.

Di sektor dapur pacu, New MegaPro mengusung mesin XRP (X-Tra Responsive Performance Engine). Kapasitas 150 cc, 4-tak, SOHC, 5 percepatan.

Mesin baru ini menggunakan low friction part. Seperti piston enteng bergaris pada bodinya, sehingga rendah gesekan dan untuk menyimpan pelumas. Rocker arm model roller tian kruk as bearing yang dapat men-gurangi gesekan, juga dapat membuat lebih efisien di pemakain bahan bakar.

Dilengkapi TPS (Throtle Position Sensor] dan CDi dengan 12 ignition mapping. "Map timing pengapian menyesuaikan dengan bukaan gas. Sehingga lebih bertenaga dan pastinya juga hemat bahan bakar," jelas Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planing & Analysis Division, AHM.

Motor seharga Rp 19,5 juta (CW) dan Rp 18,3 (jari-jari) ini juga sudah dilengkapi CECS alias Crancase Emission Control System. Uap oli dimasukkan ke filter dan tersedot ke ruang bakar. Juga sudah ada SASS atau Secondary Air Suplay System, penyemprotan uda-ra ke gas buang agar tidak pekat. Aong

ADJUSTBLE MONOSOCK

Honda New MegaPro ini seperti yang sudah lama digosipkan. Bahwa akan mengusung suspensi monosok benar adanya. Meski sebenarnya turunan dari India tapi hasilnya oke punya.

Mengapalikasi sistem adjustable monosock. Didukung dua pegas (atas dan bawah). Pegas bagian bawah dapat disetel keras atau lembutnya sesuai kemauan pemakai.  Keras lembutnya tinggal mengikuti beban yang diterima motor. Apalagi kelir per yang ditampilkan hitam dan merah jadi terlihat lebih sporty.

FEELS LIKE RIDING BABY HORNET

Lihat sosok Honda New MegaPro, terlintas di kepala bayangan Honda CB600F Hornet. Ya, pacuan sport bergenre streetfighter bermesin 600 cc itu seakan hadir di varian sport terbaru dari PT Astra Honda Motor (AHM) ini.

Ketajaman desain dan konsep yang ditawarkan sport dengan frame tipe diamond ini, amat menggoda untuk dipacu di atas panasnya aspal. Langsung saja, Sirkuit Gokart Sentul, Bogor jadi ajang pelepasan rasa penasaran.

Saat berada di atas New MegaPro, tampilan futuristik terasa bercampur kesan sporty. Meski baru 'berkenalan', tapi tiap indikator di panel mudah dipantau. Termasuk melihat angka kecepatan saat melaju di spidometer digital berwarna dasar biru yang bersampingan dengan indikator rpm model jarum dan ada jam.

Tenaga awal yang dihasilkan engine 149,2 cc, terasa mudah dikail. Tak terasa, angka 80 km/jam begitu cepat diraih. Putaran bawah dan menengah terasa sahut-menyahut. Setiap tikungan yang ada di sirkuit, dicoba berbagai karakter. Mulai dari gantung gas hingga tutup gas lalu dibuka spontan.

Tenaga terasa terus bersambung dari lima tingkat percepatan. Bisa saja, karena New Mega Pro memiliki bore x stroke yang square. Diameter piston 57,3 mm dan langkah 57,8 mm itu, mampu memuntahkan tenaga 13,7 dk di 8.500 rpm.

Posisi riding, cukup nyaman. Dengan posisi setang yang tinggi dan jok sedikit rendah, kesan santai mencuat. Eit, tapi tak sesantai itu. Soalnya pacuan beroda 17 inci ini juga sigap diajak menikung. Apalagi, buritan dilengkapi suspensi model monosok yang bisa di-adjust tingkat kekerasannya. Sayang, hujan turun deras menghentikan kami berkenalan lebih lanjut. Next ya!


sumber: http://www.astra-honda.com/index.php/berita/viewpress/70

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Study with Me if not now when?